Kata-Kata Bijaksana Terkait dengan Tidur

Go to bed early — wake up with joy;
Go to bed late — cross girl or boy.
Go to bed early — ready for play;
Go to bed late — moping all day.
Go to bed early — no pains or ills;
Go to bed late — doctors and pills.
Go to bed early — grow very tall.
Go to bed late — stay very small

“Early to bed and early to rise makes a man healthy, wealthy and wise” – Ben Franklin

Dipublikasi di Artikel tentang Tidur | Tag , | Meninggalkan komentar

Rahasia Tidur Bebas dari Stress dan Pikiran

Banyak Psikiater menyarankan kepada pasiennya yg mengalami frustasi, stress atau gangguan pikiran agar sesering mungkin menarik napas panjang. Bukan tanpa alasan. Kala manusia dibebani masalah, suplai oksigen ke paru paru dan darah menjadi berkurang. Mungkin karna terlalu fokus pada masalah yg membebani. Jika kita memahami, sedikit inisiatif mengambil oksigen manakala pikiran sedang kacau bisa membantu menenangkan diri sendiri.

Dan pikiran, juga merupakan rintangan berat bagi yg ingin tidur lelap. Karna dapat menurunkan kesadaran badan akan pentingnya menghirup oksigen. So, pingin tidur lelap dan gak insomnia lagi? Sebaiknya buang jauh jauh pikiran yg membelenggu bathin, llalu banyaklah fokus pada oksigen. Caranya?

Banyak-banyaklah menarik napas panjang, ‘tarik, tahan, buang – berulang ulang’. Cara ini bisa membantu tubuh menyerap lebih banyak oksigen. Jadi, nantinya ngak mustahil kita bisa terlelap pulas meski sedang banyak pikiran, sedang stress atau frustasi sekalipun – fokus kepada oksigen ketimbang beban. Ngak percaya? Buktikan terlebih dahulu.

Beberapa tips tambahan untuk yg susah tidur karna gangguan pikiran.. 
#Kala terbebani pikiran, kita jadi tegang.
-cobalah untuk tersenyum meski tampak konyol. Tersenyum adalah cara pengobatan alami.

#Ketegangan merangsang tubuh memproduksi semacam zat negatif yg membuat tubuh bersemangat.
-Ini bisa mengganggu proses tidur, jadi longgarkanlah pikiran, tenangkan jiwa.

#Buat lah pikiran menjadi simple.
-jangan memikirkan hal sepele secara berlebihan, karna sometimes gak seperti yg kita bayangkan. Positif thinking bisa mengalihkan yg sepele sepele.

#Latihan meditasi.
-Latihan meditasi bisa membantu kontrol diri.
Namun harus dibarengi keseimbangan. Jangan terlalu berlebihan sampai menguras energi. Pelajari meditasi yg polanya menyehatkan pikiran…

#Memang benar kata mutiara “Jangan Tunda hingga besok apa yg bisa engkau kerjakan hari ini” tetapi jangan salah, ada kata mutiara lain yg berbunyi “Singa tidur dimalam hari”
-Kadang ide baru membuat kita sulit tidur. Tetapi kadang ia juga gak setimpal dengan apa yg kita korbankan, misalnya memelihara kebiasaan tidur pada larut malam yg bisa membuat nya jadi satu kebiasaan yg sulit diubah.

Dipublikasi di Artikel tentang Tidur | Tag , , | Meninggalkan komentar

Melatonin dan Kaitannya dengan Tidur

Apa itu melatonin?

Melatonin adalah hormon yang dibuat oleh kelenjar pineal, Sebuah kelenjar kecil di otak. Melatonin membantu mengendalikan siklus tidur dan bangun Anda. Melatonin dalam jumlah sangat kecil ditemukan dalam makanan seperti daging, biji-bijian, buah-buahan, dan sayuran. Anda juga dapat membelinya sebagai suplemen.

Apa melatonin lakukan di dalam tubuh?

Tubuh Anda memiliki internal clock sendiri yang mengontrol siklus alami jam Anda tidur dan bangun. Jam tubuh Anda mengontrol seberapa banyak melatonin yang dibuat tubuh Anda. Biasanya, tingkat melatonin mulai meningkat di pertengahan sampai larut malam, tetap tinggi untuk hampir sepanjang malam, dan kemudian turun di pagi hari.

Cahaya mempengaruhi berapa banyak tubuh Anda memproduksi melatonin. Selama hari-hari lebih pendek dari bulan-bulan musim dingin, tubuh Anda dapat memproduksi melatonin baik awal atau di kemudian hari dari biasanya. Perubahan ini dapat menyebabkan gejala seasonal affective disorder (SAD), atau depresi di musim dingin.

Tingkat melatonin perlahan-lahan menurun dengan usia. Beberapa orang dewasa yang sudah tua hanya membuat jumlah yang sangat kecil atau tidak sama sekali.

Mengapa melatonin digunakan sebagai suplemen diet?

suplemen Melatonin kadang-kadang digunakan untuk mengobati jet lag atau masalah tidur (insomnia). Para ilmuwan juga melihat menggunakan baik lain untuk melatonin, seperti:

  • Mengobati gangguan afektif musiman (SAD).
  • Membantu untuk mengontrol pola tidur untuk orang-orang yang bekerja shift malam.
  • Mencegah atau mengurangi masalah dengan tidur dan kebingungan setelah operasi.
  • Mengurangi sakit kepala sebagian kronis.

Melatonin diyakini dapat menghentikan atau memperlambat penyebaran kanker, membuat sistem kekebalan tubuh lebih kuat, atau memperlambat proses penuaan. Tapi daerah ini memerlukan penelitian lebih lanjut.

Melatonin juga sedang dipelajari untuk melihat apakah dapat digunakan untuk mengobati masalah tidur pada orang yang buta. Karena orang-orang ini tidak bisa melihat cahaya, mereka mungkin memiliki masalah tidur di siang hari dan yang terjaga di malam hari.

Apakah mengkonsumsi suplemen melatonin aman?

Dalam kebanyakan kasus, suplemen melatonin aman dalam dosis rendah untuk penggunaan jangka pendek dan jangka panjang. Tapi untuk lebih memastikan anda dapat berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter Anda sebelum mengkonsumsinya.

Anak-anak dan wanita hamil dan menyusui tidak boleh mengkonsumsi melatonin.

Melatonin memiliki efek samping. Tapi mereka akan hilang bila Anda berhenti minum suplemen. Efek samping termasuk:

  • Mengantuk.
  • Perubahan pembuluh darah yang dapat mempengaruhi aliran darah.
  • Menurunkan suhu tubuh.
  • Sakit perut.
  • Sakit kepala.
  • Kelelahan di pagi hari.
  • Mimpi yang intens.

Jika melatonin membuat Anda merasa mengantuk, jangan mengemudi atau mengoperasikan mesin ketika Anda mengkonsumsinya.

Selama pemeriksaan/tes kesehatan, beritahukan kepada dokter Anda jika Anda mengambil melatonin. Dan beritahu dokter jika Anda mengalami kesulitan tidur (insomnia), karena mungkin saja insomnia anda terkait dengan masalah suatu medis di dalam tubuh Anda.

Pada orang dewasa, melatonin diambil dalam dosis 0.2-20 mg, tergantung tujuan penggunaannya. Dosis yang tepat sangat bervariasi dari satu orang ke orang lain. Anda dapat berbicara dengan dokter Anda untuk mempelajari dosis yang tepat dan untuk mengetahui apakah melatonin tepat bagi Anda.

Dimana anda dapat menemukan melatonin sebagai suplemen?

Anda dapat membeli suplemen melatonin tanpa resep di toko kesehatan, toko obat, apotik, dan online. Melatonin harus diambil dalam bentuk buatan manusia. Bentuk yang berasal dari kelenjar pineal sapi  jarang digunakan, karena mungkin menyebarkan penyakit.

Dipublikasi di Artikel tentang Tidur | Tag , , , , , | 3 Komentar

10 Makanan yang Akan Membuat Anda Tidur Lelap

Apa rahasia untuk mendapatkan tidur 7 – 8 jam yang nyenyak? Anda perlu pergi ke dapur dan menikmati satu atau dua dari 10 daftar makanan di bawah ini. Makanan ini merelaksasi otot yang tegang, menenangkan pikiran dan mengaktifkan hormon untuk membantu Anda tidur yaitu serotonin dan melatonin.

Pisang

Pisang seperti obat tidur alami. Selain mengandung melatonin dan serotonin dalam jumlah kecil, pisang juga mengandung magnesium, bahan yang dapat merangsang relaksasi otot

Teh Chamomile

Teh Chamomile mempunyai efek penenang yang dapat menurunkan stress fisik maupun mental, membuat teh ini minuman yang cocok untuk dikonsumsi sebelum tidur

Susu hangat

Bukan, ini bukan mitos, segelas susu hangat sebelum tidur dapat membantu tidur Anda. Susu mengandung tryptophan, yaitu asam amino yang mempunyai efek sedatif dan kalsium yang membantu otak untuk menggunakan tryptophan.

Madu

Tambahkan madu sedikit di dalam susu atau teh Anda. Gula dapat meningkatkan energi, tetapi dalam jumlah yang sedikit, gula dapat memberitahu otak Anda untuk menurunkan kinerja orexin. Neurotransmiter yang berhubungan dengan kesadaran Anda.

Kentang

Sedikit kentang rebus atau kentang panggang di malam hari tidak akan menaikkan berat badan Anda. Kentang membersihkan asam yang dapat mengganggu kinerja tryptophan di dalam tubuh.

Oatmeal

Oatmeal sebelum tidur adalah jalan tercepat menuju tidur, karena oatmeal merangsang produksi melatonin di dalam tubuh pada malam hari.

Kacang Almond

Almond adalah kacang yang baik bagi kesehatan jantung. Tetapi almond juga dapat membantu tidur Anda karena mengandung tryptophan dan magnesium.

Flaxseed

Flaxseed kaya akan asam omega-3 yang dapat membantu memperbaiki mood Anda. Konsumsi flaxseed ketika Anda sedang mengalami stress atau depresi berat. Tidur Anda akan lebih nyenyak.

Roti Gandum

Sepotong roti gandum dan teh akan merangsang insulin di dalam tubuh Anda, yang berguna untuk membantu kinerja tryptophan untuk bereaksi di otak. Dimana tryptophan akan diubah menjadi serotonin yang memberi tahu otak Anda untuk tidur.

Daging Kalkun

Daging kalkun adalah sumber yang sangat baik untuk tryptophan. Tryptophan bekerja ketika perut Anda kosong dan tidak ketika Anda sangat kenyang. Tetapi 1 sampai 2 potong dari daging kalkun bersama dengan roti gandum pada waktu sore hari akan dapat membantu membuat tidur Anda lebih nyenyak di malam hari.

http://blognyajose.blogspot.com/2010/01/10-makanan-yang-akan-membuat-anda-tidur.html

Dipublikasi di Artikel tentang Tidur | Tag , , | 2 Komentar

Serangan Asam Lambung di Malam Hari – Pengobatan Alamiah sakit Maag

Serangan Asam Lambung di Malam Hari atau gastro esophageal reflux (GERD) juga dikenal sebagai sakit maag, ditandai dengan nyeri dada terbakar. Gejala lain yang khas adalah sensasi makanan yang naik kembali ke dalam mulut dengan rasa asam. Gangguan ini juga dapat disertai dengan asma, batuk, dan suara serak.

Kadang-kadang gastro esophageal reflux mirip dengan gejala serangan jantung. Gangguan ini disebabkan oleh asam naik ke kerongkongan saat tidur, suatu kondisi yang dapat diobati baik dengan obat atau pengobatan alami.

Penyebab Maag Malam Hari

Kebanyakan orang dapat mengontrol maag dengan membuat beberapa perubahan dalam gaya hidup dan kebiasaan mereka. Penting untuk mengurangi konsumsi alkohol, coklat, kopi, makanan yang digoreng dan lain-lain yang memiliki kecenderungan melemahkan segel antara perut dan kerongkongan.

Anda juga dapat meringankan rasa sakit Anda dengan menghindari makanan yang mengiritasi kerongkongan yang sudah meradang, seperti buah dan jus jeruk, makanan pedas dan saus tomat. Jika Anda seorang perokok, Anda harus mempertimbangkan berhenti demi kesehatan anda. Jika Anda kelebihan berat badan, cobalah menurunkan beberapa kilogram untuk menyelamatkan anda dari rasa sakit yang tidak perlu.

Mencegah Maag di Malam Hari

Jika Anda cenderung mendapatkan maag pada malam hari, mencoba mengangkat kepala tempat tidur Anda empat sampai enam inci. Salah satu cara untuk melakukan ini adalah untuk menempatkan blok di bawah frame di ujung kepala tempat tidur. Ini akan membuat fisika bekerja untuk Anda dimana hukum gravitasi akan membantu menjaga asam tetap dalam perut Anda dan tidak naik ke atas.

Untuk alasan yang sama, Anda juga harus menunggu setidaknya dua sampai tiga jam setelah makan malam sebelum berbaring dan tidur.  keuntungan tambahan dari ini adalah untuk membantu Anda menurunkan berat badan juga. Jika makanan Anda selesai dicerna, maka tidak akan ada yang berpotensi kembali ke kerongkongan nantinya.

Pengobatan Maag di Malam hari Secara Ilmiah (Kedokteran)

Antasida seperti Rolaids, Tums, atau Maalox dapat membantu dengan cepat mengatasi maag malam hari. Anda dapat mencegah serangan di waktu yang akan datang dengan menggunakan salah satu dari beberapa obat yang memperlambat aliran asam, diantaranya Tagamet, Zantac, Pepcid, dan Axid. Jika mulas masih tetap terjadi, berbicaralah dengan dokter Anda. Dia bisa membantu Anda menemukan obat yang tepat untuk Anda. Anda menginginkan pengobatan yang akan bekerja jangka panjang, tidak hanya ketika maag terjadi.

Jika serangan asam Anda kuat, Anda mungkin perlu obat yang lebih kuat.  dokter Anda dapat meresepkan dosis obat yang lebih tinggi, atau dosis yang lebih kuat dari proton pump inhibitor. Obat-obat ini, termasuk Nexium, Protonix, dan banyak lainnya, menghentikan produksi asam di lambung dan dapat membantu penyembuhan secara dramatis.

Jika obat dan perubahan gaya hidup tidak cukup untuk mengendalikan maag Anda, Anda mungkin perlu operasi yang disebut fundoplication. Operasi ini memperkuat penghalang antara perut dan kerongkongan. Walaupun jenis operasi ini dianggap sebagai jalan terakhir, operasi ini diketahui dapat menyembuhkan hingga 90% kasus. Operasi ini sekarang dapat dilakukan melalui sayatan kecil. Prosedur ini menyebabkan rasa sakit yang relatif sedikit dan tidak memerlukan inap rumah sakit yang lama.

Pengobatan lain mungkin juga tersedia. Ada beberapa prosedur yang digunakan dan diteliti untuk pengobatan penyakit gastro esophageal reflux (GERD). Salah satu prosedur ini menggunakan gelombang radio untuk mengencangkan otot katup antara kerongkongan dan perut dan mengurangi gejala GERD.

Pengobatan Maag di Malam hari Secara Alamiah

Untuk pengobatan cepat maag atau masalah asam perut lainnya, cobalah minum segelas susu. Anda juga bisa makan sepotong roti. Ini akan membantu menyerap kelebihan asam dan menetralkannya. Ini tidak bekerja untuk semua orang, tetapi mungkin perbaikan cepat yang Anda butuhkan untuk bisa tidur.

Obat alami lainnya untuk sakit maag yang bekerja bagi sebagian orang adalah mencampur satu sendok cuka sari apel organik dalam secangkir air hangat dan diminum. Atau, makan apel sebelum tidur dapat menimbulkan efek yang sama.

pengobatan yang tepat maag dan masalah terkait lainnya dapat membantu Anda menghindari masalah ini di masa depan. Maag ketika anda mencoba untuk tidur dapat menjadi salah satu hal yang paling tidak menyenangkan dan dapat merusak malam Anda. Anda akan terbangun dengan perasaan mual, lelah, dan sakit. Tangani masalah ini sekarang dan itu akan menghemat banyak rasa sakit dan hilangnya tidur di masa depan.

Dipublikasi di Artikel tentang Tidur | Tag , , , | 4 Komentar

Kafein dan Insomnia – Bagaimana Kafein Mempengaruhi Tidur Anda

Kafein merupakan obat adiktif tak berwarna dan tak berasa yang ditemukan dalam banyak makanan dan minuman yang kita konsumsi.  juga ditemukan disejumlah obat-obatan sebagai stimulan jantung dan juga sebagai diuretik ringan untuk meningkatkan produksi urin. Makanan dan minuman seperti kopi, teh, cokelat, dan cola semuanya mengandung kafein yang bisa menjadi penyebab insomnia dan kurang tidur.

kafein dapat memberikan dorongan energi dan kewaspadaan tinggi dan sering digunakan untuk tetap terjaga lebih lama. Orang-orang dari semua lapisan masyarakat menggunakannya untuk tetap terjaga hingga larut malam sementara yang lain merasa seolah-olah mereka tidak dapat berfungsi dengan baik tanpa secangkir kopi di pagi hari.

Juga sebagai obat adiktif, kafein merangsang otak dalam banyak cara yang sama seperti amfetamin, kokain, dan heroin. Meskipun efek keseluruhan kafein lebih ringan daripada obat-obatan lain, namun masih memanipulasi saluran otak yang sama yang membuat kafein adiktif. Jika Anda adalah salah satu dari orang-orang yang merasa seperti tidak dapat berfungsi tanpa kopi atau stimulan lainnya yang mengandung kafein, maka Anda kecanduan.

Konsumsi kafein telah dikaitkan dengan gangguan tidur, termasuk insomnia, karena efek fisiologisnya. Insomnia adalah suatu kondisi ketika Anda mengalami kesulitan tidur atau tidak bisa tertidur sama sekali. Meskipun gejala insomnia biasanya hanya berlangsung beberapa malam, beberapa penderita memiliki gejala berlangsung selama berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun dalam kasus yang ekstrim.

Meskipun insomnia dapat disebabkan oleh banyak faktor lain seperti masalah kejiwaan,, stres obat-obatan atau alkohol, kurang olahraga, kebisingan yang berlebihan atau cahaya, dan penyakit fisik tertentu, telah ditemukan bahwa konsumsi kafein adalah penyebab paling umum dari gangguan tidur .

Jika tidur Anda telah terganggu selama lebih dari beberapa minggu dan mengganggu kemampuan Anda untuk berfungsi secara normal di siang hari, Anda pertama-tama harus berkonsultasi dengan dokter Anda.

Kafein dikenal secara langsung mempengaruhi fungsi ginjal dan juga dapat menjadi penyebab ginjal dan / atau infeksi kencing. Infeksi ini juga dapat mengganggu siklus tidur normal atau menyebabkan kesulitan tidur. Anda juga mungkin harus bangun beberapa kali di malam hari untuk buang air kecil yang akan menyebabkan gangguan siklus tidur REM Anda yang pada gilirannya akan akan membuat Anda merasa lelah ketika Anda bangun di pagi hari. Obat utama untuk masalah ini adalah memotong asupan kafein Anda. Karena kafein tidak berpengaruh apa-apa ke rasa kopi atau minuman lain, coba beralih ke versi yang bebas kafein. Jangan lupa minum segelas air sebelum tidur di malam hari untuk membersihkan ginjal Anda.

Meskipun berhenti konsumsi kafein adalah pilihan terbaik, jika Anda sudah kecanduan pada kafein, ada cara untuk membuatnya bekerja mendukung Anda daripada melawan Anda. Untuk beberapa pecandu kafein, minum secangkir kopi sekitar satu jam sebelum tidur benar-benar membuat relaks supaya bisa tidur. Namun, harus kwtahui bahwa ini hanya bekerja untuk orang yang tubuhnya telah menjadi tergantung pada kafein.

Jika semua cara di atas gagal dan anda masih mengalami gangguan tidur akibat kafein, Anda bisa mencoba selama pil tidur atau bahkan sesuatu yang sederhana seperti susu hangat. pil tidur memiliki bahan kimia yang membuat tubuh Anda mulai untuk tidur dan mereka dapat mengalahkan kafein dan hal lain yang menyebabkan gangguan tidur. susu hangat di sisi lain memiliki asam laktat di dalamnya yang melepaskan kimia yang memicu siklus tidur alami ketika dihangatkan. Seorang bayi akan tidur tepat setelah mengkonsumsi susu hangat dan prinsip yang sama berlaku untuk orang dewasa juga.

Dunia ilmiah terbagi pada pertanyaan tentang apakah kafein menyebabkan gangguan tidur atau tidak dan mungkin bahwa mereka tidak akan pernah tahu pasti. Namun, hanya Anda tahu apa yang terjadi pada tubuh Anda dan jika Anda mencermati apa yang tubuh anda katakana/rasakan, ia akan memberitahu Anda apa yang dibutuhkan. Setelah itu, terserah Anda untuk menyampaikan kebutuhan – kafein atau tidak.

Dipublikasi di Artikel tentang Tidur | Tag , , | Meninggalkan komentar

Lima Tahapan Tidur – Tahapan Tidur REM

Ketika Anda menutup mata Anda dan membaringkan diri untuk tidur, apakah Anda benar-benar tahu apa yang terjadi di dalam tubuh Anda. Meskipun Anda mungkin berpikir bahwa Anda beristirahat, tidak semua bagian dari tubuh Anda melakukan hal yang sama. Sebagai contoh, otak mengirimkan segala macam sinyal, banyak yang mengendalikan berbagai tahap tidur Anda akan alami.

Banyak orang percaya bahwa otak mereka beristirahat ketika mereka sedang tidur tetapi itu tentu tidak terjadi. Memang benar bahwa tubuh manusia terletak pada saat tidur tapi otak sangat aktif. Selama tidur otak adalah pengisian baterai tetapi masih sangat banyak kontrol mayoritas fungsi tubuh, termasuk bernapas. Gerakan mata dan aktivitas otot juga berubah selama berbagai tahapan tidur.

Tahapan yang berbeda dari Tidur Manusia

Lima tahapan tidur telah diidentifikasi dan selama tidur malam yang baik, Anda akan melewati mereka semua, beberapa kali. Meskipun ada lima tahap yang berbeda, empat yang pertama dikelompokkan bersama dan diklasifikasikan sebagai keadaan tidur NREM atau non rapid eye movement. Tahap kelima adalah dianggap REM atau tahap rapid eye movement.
Kondisi yang berbeda dari NREM dan REM dibedakan oleh perubahan aktivitas gelombang otak yang terjadi. Tidur REM juga ditandai dengan bernapas teratur tetapi cepat dan detak jantung, peningkatan tekanan darah, aktivitas otak meningkat dan hampir tidak ada aktivitas otot.

NREM dan REM tidur berlangsung selama periode tidur. Tidur yang berlangsung selama sepertiga pertama malam sebagian besar terdiri dari NREM sementara tidur selama sepertiga terakhir sebagian besar REM. Biasanya Anda akan terbangun dari tahap REM.

Berapa Lama Setiap Tahapan Tidur Berlangsung

Tahap satu adalah masa transisi yang terdiri dari tidur ringan dimana Anda dapat dengan mudah terbangun. Selama tahap satu, siklus tidur dan bangun bisa terulang beberapa kali. Selama tahap ini Anda merasa mengantuk dan mulai kehilangan kontrol atas otot dan gerakan mata anda lambat. Hal lain yang terjadi pada tahap satu adalah myoclonia hypnic atau kontraksi tiba-tiba atau menyentak dari otot-otot.

Tahap dua menempati hampir setengah dari waktu tidur. Selama periode ini mata akan berhenti bergerak, gelombang otak lambat, suhu tubuh menurun dan detak jantung melambat. Mungkin ada pergerakan mata cepat selama tahap ini.

Tahapan tiga dan empat adalah saat tubuh berada dalam tidur nyenyak. Kedua tahap tidur yang dicirikan oleh adanya gelombang delta yaitu gelombang otak yang sangat lambat. Tidak ada mata atau gerakan otot selama dua tahap ini.

REM atau Rapid Eye Movement terjadi  selama periode tidur dan selalu mengikuti periode tidur NREM. Tahap ini menyumbang sekitar seperempat dari periode total tidur. REM pertama terjadi pada akhir tahap satu dan berlangsung sekitar sepuluh menit. Tahap REM terakhir berlangsung sekitar satu jam. Jika Anda tidur delapan sampai sembilan jam, Anda biasanya akan mengalami tidur REM empat atau lima kali selama waktu itu. Selama REM lah mimpi terjadi.

Tahap-tahap tidur ini terus berulang selama periode tidur dan dikenal sebagai siklus tidur. Beberapa siklus tidur berlangsung selama periode tidur tunggal.

Ketika siklus tidur berjalan di sepanjang periode tidur, jumlah tidur REM meningkat. Menjaga siklus tidur ini dari  gangguan akan menghasilkan kualitas tidur yang lebih baik.

Dipublikasi di Artikel tentang Tidur | Tag , | 1 Komentar