Kafein dan Insomnia – Bagaimana Kafein Mempengaruhi Tidur Anda

Kafein merupakan obat adiktif tak berwarna dan tak berasa yang ditemukan dalam banyak makanan dan minuman yang kita konsumsi.  juga ditemukan disejumlah obat-obatan sebagai stimulan jantung dan juga sebagai diuretik ringan untuk meningkatkan produksi urin. Makanan dan minuman seperti kopi, teh, cokelat, dan cola semuanya mengandung kafein yang bisa menjadi penyebab insomnia dan kurang tidur.

kafein dapat memberikan dorongan energi dan kewaspadaan tinggi dan sering digunakan untuk tetap terjaga lebih lama. Orang-orang dari semua lapisan masyarakat menggunakannya untuk tetap terjaga hingga larut malam sementara yang lain merasa seolah-olah mereka tidak dapat berfungsi dengan baik tanpa secangkir kopi di pagi hari.

Juga sebagai obat adiktif, kafein merangsang otak dalam banyak cara yang sama seperti amfetamin, kokain, dan heroin. Meskipun efek keseluruhan kafein lebih ringan daripada obat-obatan lain, namun masih memanipulasi saluran otak yang sama yang membuat kafein adiktif. Jika Anda adalah salah satu dari orang-orang yang merasa seperti tidak dapat berfungsi tanpa kopi atau stimulan lainnya yang mengandung kafein, maka Anda kecanduan.

Konsumsi kafein telah dikaitkan dengan gangguan tidur, termasuk insomnia, karena efek fisiologisnya. Insomnia adalah suatu kondisi ketika Anda mengalami kesulitan tidur atau tidak bisa tertidur sama sekali. Meskipun gejala insomnia biasanya hanya berlangsung beberapa malam, beberapa penderita memiliki gejala berlangsung selama berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun dalam kasus yang ekstrim.

Meskipun insomnia dapat disebabkan oleh banyak faktor lain seperti masalah kejiwaan,, stres obat-obatan atau alkohol, kurang olahraga, kebisingan yang berlebihan atau cahaya, dan penyakit fisik tertentu, telah ditemukan bahwa konsumsi kafein adalah penyebab paling umum dari gangguan tidur .

Jika tidur Anda telah terganggu selama lebih dari beberapa minggu dan mengganggu kemampuan Anda untuk berfungsi secara normal di siang hari, Anda pertama-tama harus berkonsultasi dengan dokter Anda.

Kafein dikenal secara langsung mempengaruhi fungsi ginjal dan juga dapat menjadi penyebab ginjal dan / atau infeksi kencing. Infeksi ini juga dapat mengganggu siklus tidur normal atau menyebabkan kesulitan tidur. Anda juga mungkin harus bangun beberapa kali di malam hari untuk buang air kecil yang akan menyebabkan gangguan siklus tidur REM Anda yang pada gilirannya akan akan membuat Anda merasa lelah ketika Anda bangun di pagi hari. Obat utama untuk masalah ini adalah memotong asupan kafein Anda. Karena kafein tidak berpengaruh apa-apa ke rasa kopi atau minuman lain, coba beralih ke versi yang bebas kafein. Jangan lupa minum segelas air sebelum tidur di malam hari untuk membersihkan ginjal Anda.

Meskipun berhenti konsumsi kafein adalah pilihan terbaik, jika Anda sudah kecanduan pada kafein, ada cara untuk membuatnya bekerja mendukung Anda daripada melawan Anda. Untuk beberapa pecandu kafein, minum secangkir kopi sekitar satu jam sebelum tidur benar-benar membuat relaks supaya bisa tidur. Namun, harus kwtahui bahwa ini hanya bekerja untuk orang yang tubuhnya telah menjadi tergantung pada kafein.

Jika semua cara di atas gagal dan anda masih mengalami gangguan tidur akibat kafein, Anda bisa mencoba selama pil tidur atau bahkan sesuatu yang sederhana seperti susu hangat. pil tidur memiliki bahan kimia yang membuat tubuh Anda mulai untuk tidur dan mereka dapat mengalahkan kafein dan hal lain yang menyebabkan gangguan tidur. susu hangat di sisi lain memiliki asam laktat di dalamnya yang melepaskan kimia yang memicu siklus tidur alami ketika dihangatkan. Seorang bayi akan tidur tepat setelah mengkonsumsi susu hangat dan prinsip yang sama berlaku untuk orang dewasa juga.

Dunia ilmiah terbagi pada pertanyaan tentang apakah kafein menyebabkan gangguan tidur atau tidak dan mungkin bahwa mereka tidak akan pernah tahu pasti. Namun, hanya Anda tahu apa yang terjadi pada tubuh Anda dan jika Anda mencermati apa yang tubuh anda katakana/rasakan, ia akan memberitahu Anda apa yang dibutuhkan. Setelah itu, terserah Anda untuk menyampaikan kebutuhan – kafein atau tidak.

Tentang qwertyass

manusia tidak kreatif, cenderung menggunakan otak kiri, jadi selalu bersikap terkotak-kotak, kaku, perfeksionis, dan linear.
Pos ini dipublikasikan di Artikel tentang Tidur dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s